Goal to Brasil, kampanye promosi pariwisata untuk Piala Dunia FIFA
2014 di Brasil, telah dimulai di Santiago, ibukota Chili. Acara tersebut
dihadiri oleh para perwakilan dari pemerintah Brasil, ke-12 kota yang
menjadi tuan rumah serta pemerintah negara bagian dari kota-kota
tersebut.
Brasilia, ibukota nasional Brasil, menjadi pusat perhatian dalam
acara di Hotel W di Santiago ini. Acara ini diselenggarakan untuk
mempromosikan daya tarik Brasil kepada para fans sepakbola yang
berkunjung ke sana selama penyelenggaraan turnamen sepakbola terbesar
sedunia.
Pameran tur wisata ini, yang diselenggarakan oleh Embratur (Institut
Pariwisata Brasil), bertujuan untuk mempromosikan budaya dan atraksi
wisata negeri tersebut dengan memanfaatkan sepakbola sebagai
landasannya. Tur ini akan dilanjutkan dengan acara serupa di 13 kota
lain di Amerika dan Eropa antara bulan ini hingga Mei 2013.
Flavio Dino, Presiden Embratur, menjelaskan alasan pemilihan Santiago
sebagai tempat pertama tur tersebut: “Chili adalah sumber wisatawan
keenam terbesar yang berkunjung ke Brasil, dan salah satu tujuan utama
Piala Dunia adalah memperluas integrasi Amerika Latin. Selain itu, kami
ingin memperluas jalur Pasifik-Atlantik yang akan menghubungkan
Antofagasta (Chili utara) dan Parana (Brasil selatan).”
Luiz Fernandez, sekretaris eksekutif Kementerian Olahraga Brasil,
menambahkan: “Gelar juara Piala Dunia kedua Brasil, yang dimenangkan di
Chili pada 1962, masih dikenang sebagaimana terlihat pada perhatian yang
diberikan kepada tim nasional saat itu. Kami ingin membalasnya dengan
menyambut Chili dengan tangan terbuka. Piala Dunia FIFA 2014 tidak akan
lengkap tanpa timnas Chili, dan mudah-mudahan mereka mencapai final
melawan Brasil.”
Saat ini, La Roja (julukan timnas Chili), berada di peringat teratas klasemen kualifikasi zona Amerika Selatan.
Harapan Besar
Brasil mengharapkan akan kedatangan 600 ribu wisatawan asing selama penyelenggaran Piala Dunia 2014. Sedangkan ekspektasi wisatawan domestik diharapkan mencapai 3 juta orang, yang akan berdatangan ke kota-kota yang menjadi tuan rumah.
Brasil mengharapkan akan kedatangan 600 ribu wisatawan asing selama penyelenggaran Piala Dunia 2014. Sedangkan ekspektasi wisatawan domestik diharapkan mencapai 3 juta orang, yang akan berdatangan ke kota-kota yang menjadi tuan rumah.
Salah satu presentasi dalam acara itu diajukan oleh Jean-Edouard
Courcier, direktur FIFA untuk jasa pariwisata, yang mengungkapkan
perkiraan jumlah fans selama turnamen. Menurut Courcier, sebanyak 3,2
juta tiket diperkirakan akan terjual habis untuk 64 pertandingan, yang
akan dilaksanakan mulai 12 Juni hingga 13 Juli 2012. Tiket tersebut akan
dijual melalui FIFA.com.
Courcier juga mengungkapkan empat program pariwisata yang disusun
untuk Brasil 2012, yaitu “Aquarela Series”, “Final Round Series”, “Venue
Series”, dan “Team Specific Series”. Selain itu, terdapat juga berbagai
aktivitas yang direncanakan untuk fans di dalam maupun di luar stadion,
yang dinaungi oleh slogan “All in the same rythm”. Courcier juga
menekankan bahwa pada Piala Dunia 2010di Afrika Selatan, survei FIFA
menunjukkan tingkat kepuasan penonton di stadion sebesar 97 persen,
sebuah persentase yang akan coba disaingi oleh panitia di Brasil.
Kota-kota tuan rumah Piala Dunia 2014 juga berkesempatan untuk
memamerkan keistimewaan masing-masing selama akhir pekan, menyusul
diluncurkannya pasar raya berteme “Expo F11 Vive Futbol”. Acara ini di
Chili sendiri menarik 20 ribu pengunjung.
Sumber: FIFA
- 0 comments... read them below or add one
Post a Comment